Diet Ketogenik a la Yoseph Vera

Baca juga: Bahayanya Diet Ketogenik (klik di sini)
Saya bertanggung jawab atas pilihan saya untuk kuliah di kampus mana dan kerja di mana. Dan tentunya apa yang saya makan juga ada dalam pilihan-pilihan yang saya ambil dengan penuh tanggung jawab. Kalau pilihan hidup saya salah menurut penilaian anda tolong sampaikan dengan baik. Jangan menakut-nakuti atau memaksa.
 Jangan jadikan saya sama seperti anda.

Kalau anda dan yang anda ajarkan pada saya adalah lebih baik daripada saya dan pilihan saya, tunggulah saja, kebaikan yang akan menang. Saya malah akan ikut anda dan jadi lebih baik dari anda.

Jadi ceritanya saya mulai menjalani sambil terus mengembangkan Diet Ketogenik a la Yoseph Vera ini (selanjutnya akan disebut Diet YV saja ya…) sejak 20 November 2016. Hari ini, 9 Desember 2016 adalah hari ke-20 saya berpola makan nyaris zerocarb (tanpa karbohidrat).

Saya mulai mengenal diet ketogenik dari Facebook, ketika ada seseorang membagikan pola makan dan gaya hidup ketogenik pada seseorang yang memiliki kenalan yang sedang sakit parah. Saya mencoba mencari grup yang disebutkan, dan saya masuk dalam dunia yang bagi saya benar-benar anti-mainstream. Seiring berjalannya waktu ternyata saya mulai mau menjalaninya. Dan ternyata ada banyak pelaku diet ketogenik yang memiliki grup Facebook maupun website sendiri yang intinya masih sama-sama ketogenik dengan beberapa perbedaan protokol.

Akhirnya saya meyakinkan hati untuk tetap mengembangkan diet sehat untuk saya dan keluarga saya. Prinsip dasarnya adalah Ketogenic Diet, dengan berbagai masukan dari banyak orang yang mungkin tampak saling bertentangan. Jadi ketika ada yang tertarik dengan pola makan dan gaya hidup yang kini saya lakukan, silahkan baca-baca dan saya siap diajak berdiskusi. Nama dietnya pun hanyalah sebagai kenangan atas segala upaya yang saya lakukan untuk keluarga kami lebih sehat. Diet YV (dibaca diet ‘ye-ve’) adalah Diet Ketogenik yang saya jalani, akan BANYAK kesamaan dengan aneka nama diet lainnya, dan tentunya akan meniru pola makan yang sudah dilaksanakan sejak dulu kala.

Saya mengakui bahwa Diet YV adalah diet ketogenik. Jika anda tertarik untuk mengikutinya, silahkan dimodifikasi, silahkan dikembangkan sendiri. Nama “Diet YV” tak wajib anda gunakan. Silahkan namai sendiri diet anda, karena andalah penggunanya. Intinya karena kita sendirilah yang bertanggung jawab atas apa yang kita pilih. Dan tiap orang berbeda-beda. Kalaupun nantinya anda menemukan protokol atau panduan diet di sini, silahkan diputuskan sendiri tanpa paksaan dari siapapun untuk mengikutinya dengan sadar. Risiko yang terjadi atas segala yang ada tertulis di website ini mutlak adalah tanggung jawab masing-masing pembacanya. Saya tidak menjanjikan apa-apa. Saya hanya membagikan yang saya tahu dan tidak mengklaim bahwa yang saya tahu dan bagikan adalah yang paling baik untuk anda.

Lebih baik anda tetap skeptis, namun mau membuka diri terhadap hal baru. Temukan apa yang tepat bagi anda dengan cara anda sendiri.

Jangan mudah marah jika bertemu dengan mereka yang pendapat dan sikapnya berbeda dari anda. Terutama jika anda ingin sekali berpendapat di suatu grup di media sosial. Jika anda punya pandangan berbeda dari protokol tertentu di grup tertentu silahkan menjapri atau menginbox langsung yang bersangkutan. Tak perlu berkomentar dan mempromosikan diri secara berlebihan sambil bawa-bawa gelar atau jabatan, padahal tidak nyambung dengan pertanyaan di grup.

Tiap komunitas atau grup punya guideline, protokol, atau prinsip masing2. Sedangkan kita punya pandangan PRIBADI masing2. Sampaikan pendapat pribadi secara pribadi. Kecuali ada yang menanyakan atau memang sedang didiskusikan di GRUP.

Masukan saya di grup tertentu saya usahakan sejajar dengan jalan hidup maupun pikiran utama grup tersebut.
Banyak hal yang tidak saya sepakati dari grup tersebut bukan berarti saya harus melawannya dengan terang-terangan di grup itu. Kita tidak bisa seenaknya merasa paling benar. Kalau merasa terlalu banyak perbedaan prinsip dari suatu grup ya silahkan KELUAR dari grup itu. Kan kita juga bisa buat grup sendiri. Termasuk ketika anda tidak cocok dengan pemikiran saya di website www.carakerja.net ini ya silahkan pindah ke website lain.

Untuk menghindari konfrontasi yang memicu stres beserta segala efek samping yang mungkin timbul saya memilih berani berpendapat di lahan saya sendiri, bukan di lahan orang atau grup lain. Pandangan saya yang berbeda dari grup tertentu saya posting di wall saya sendiri atau page saya sendiri atau website saya sendiri.

Terima kasih sudah mau membaca hingga sejauh ini.

 

Ingat:

Pola makan itu harus ada SBY nya..

Syukur

Bahagia

Yakin

Jadi ya jangan pernah terpaksa mengikuti pola makan tertentu..

 

Salam ketogenik!

Sleman, 9 Desember 2016

 

dr. Yoseph L. Samodra

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *