Kasus Hipertensi pada Praktik Dokter Indonesia

 

  • Belum ada guideline pasien hipertensi di Indonesia yang dihasilkan dari penelitian populasi Indonesia, sehingga praktisi hanya dapat berpatokan terhadap acuan dari luar negeri untuk pengobatan hipertensi.
  • Pada pasien dengan tekanan darah 120-139/80-90 mmHg (prehipertensi) modalitas terapi dengan perubahan pola hidup yang meliputi menurunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal, olah raga, berhenti merokok, diet rendah garam dan hindari stress, semua metode tersebut dilaksanakan secara bersamaan dan berkesinambungan.
  • Prinsip pengobatan terapi saat ini dilakukan dengan pilihan obat antihipertensi dosis kecil lebih dari satu jenis obat dibandingkan dengan terapi satu obat dengan dosis besar di samping tetap diupayakan perubahan pola hidup seperti modalitas terapi pada prehipertensi.
  • Target tekanan darah untuk populasi pasien dengan diabetes mellitus (DM) atau gangguan fungsi ginjal lebih rendah dari populasi lain yaitu <130/80 mmHg.
  • Pilihan terapi untuk pasien usia tua adalah diuretik dan calcium channel blockers (CCB). Pilihan utama terapi untuk gangguan fungsi ginjal adalah penghambat Angiotensin Converting Enzymes Inhibitor (penghambat ACE) atau Angiotensin Receptor Blockers (ARB). Penyekat beta dipakai untuk terapi pasien hipertensi disertai iskemia atau atrial fibrilasi. Pasien dengan disfungsi ventrikel kiri yang disertai dengan gejala gagal jantung maka obat hipertensi yang dianjurkan adalah diuretik, penghambat ACE atau ARB, penyekat beta.

 

Sumber:

Judul: Pemahaman Dokter Indonesia Mengenai Hipertensi dan Permasalahan yang Dihadapi pada Praktik Sehari-Hari

Penulis: Mohammad Saifur Rohman, Nani Hersunarti, Arieska Ann Soenarta, Suhardjono, Adre Mayza, Antonia Anna Lukito, Adrianus Kosasih

Jurnal: Majalah Kedokteran Indonesia, Volum: 61, Nomor: 2

Tahun terbit: 2011

 

Dikutip dan diringkas oleh Yoseph Samodra

@dokteryoseph #banyakbaca [2015-04-01]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *