Kondisi Khusus terkait Diet Ketogenik

Q: Apakah ada kondisi-kondisi khusus dimana kita tidak boleh melakukan diet ketogenik?

A:

Yang sedang dalam kondisi tidak sadar. Hehehe. Maksudnya merubah diet ini bukan utk seminggu dua minggu.. tapi intinya merubah mindset. Ijinkan tubuh kita menemukan pangan sesuai fitrahnya. Karena diet ketogenik tinggi lemak maka ketika pernah dioperasi kandung empedu ya harus amat rutin mengonsumsi lemaknya supaya bisa melatih hati untuk memproduksi dan mengeluarkan cairan empedu. Tubuh kita amat fleksible dan dikaruniai kemampuan untuk memilih yang terbaik dari alam. Namun sering kitanya yang kurang peka.

Jadi pada kondisi klinis tertentu harus betul-betul diawasi oleh petugas kesehatan.Kondisi penyakit akut maupun kronis yang sudah dalam terapi medis sebaiknya tetap mendapatkan pengawasan dari dokter terkait ketika ingin mengikuti diet ketogenik. Jangan karena sudah merasa lebih sehat lalu semua advis dokter dilanggar, obat dihentikan, dsb. Tetaplah konsultasi dengan dokter anda, sampaikan alasan anda mengikuti diet ketogenik, sampaikan sejarah diet ketogenik, jangan lupa juga lengkapi dengan manfaat diet ketogenik yang sudah banyak tersebar. Mungkin dokter anda ada yang skeptis bahkan melarang anda untuk ikut diet ketogenik. Hal ini wajar karena bahkan mungkin ada dokter yang tidak memahami definisi diet ketogenik dan cara melakukan diet ketogenik dengan benar. Silahkan cari dokter lain, anda memiliki hak penuh terhadap kesehatan anda, termasuk berhak memilih petugas kesehatan yang melayani anda.

Yang tentu dilarang mengikuti diet ketogenik adalah yang memiliki gangguan metabolisme lemak dan protein terutama di faktor enzimnya. Pada beberapa orang terdapat kondisi yang menyebabkan orang tersebut tidak memiliki enzim pencernaan lemak dan protein, atau jumlah produksi enzim-enzim tersebut sangat sedikit sehingga tidak bisa bekerja optimal. Jadi jika selama ini anda makan daging ayam atau telur dan tidak timbul gejala-gejala penyakit tertentu artinya anda boleh mengikuti diet ketogenik. Bagaimana memulai diet ketogenik? Mulailah makan pangan hewani yang anda suka, sambil niatkan untuk menghilangkan sumber karbohidrat dan betul-betul mengurangi porsi karbohidrat dalam piring makan anda.

Kondisi khusus yang tidak boleh melakukan diet ini adalah kondisi terpaksa. Biarlah pola makan menjadi sesuatu yang SBY. Syukur, Bahagia, Yakin.

(Yoseph Samodra)

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *