Panduan Diet Ketogenik a la Yoseph Vera (Protokol Diet YV)

Berikut ini adalah panduan dasar untuk dapat menjalani diet ketogenik YV. Semoga bisa menjawab pertanyaan semacam:

  • Bagaimana langkah-langkah memulai diet ketogenik?
  • Apa yang harus dilakukan jika ingin menjalani pola makan ketogenik?
  • Persiapan apa saja yang diperlukan sebelum mengikuti diet YV?

Sebelum sobat carakerja.net membaca lebih lanjut sebaiknya pahami dulu bahwa anda memutuskan sendiri untuk mengikuti maupun tidak mengikuti panduan ini. Tidak ada hubungan formal apapun yang terbentuk melalui kegiatan anda membaca informasi di website ini. Lebih baik silahkan baca dulu pengumuman ini (klik).

Diet YV memiliki slogan SBY, singkatan dari Syukur, Bahagia, Yakin. Setiap pola makan maupun perubahan gaya hidup harus ada ketiga komponen SBY, tidak boleh dijalani dengan terpaksa atau sekedar ikut-ikutan.

Protokol Diet Ketogenik a la Yoseph Vera (versi Des 2016):

  1. Biasakan tidak makan apa-apa selama minimal 12 jam. Misalnya terakhir selesai makan jam 20.00 maka besoknya usahakan mulai makan pagi setidaknya jam 08.00.
  2. Sedapat mungkin makanlah pangan bersumber hewani saja. Semua bagian dari hewan dapat dikonsumsi asalkan tidak tajam. Jika ada keterbatasan, silahkan konsumsi pangan nabati dengan kandungan karbohidrat rendah.
  3. Minumlah cukup air. Jangan berlebihan mengkonsumsi air minum. Untuk mengetahui kecukupan air minum anda cukup pastikan air seni anda jernih.
  4. Jika lapar makanlah. Di antara waktu makan jangan ngemil. Tidak perlu menunda lapar dengan minum minyak, kopi, atau teh tawar. Kondisi mudah lapar mungkin menunjukkan bahwa memang anda kurang makan.
  5. Tidak perlu rutin makan buah dan sayur. Asupan daging yang cukup sudah memenuhi kebutuhan multivitamin dan mineral yang ingin anda dapatkan dari buah dan sayur. Porsi kecil buah dan sayur sesekali boleh dikonsumsi.
  6. Jangan mencurangi diri anda sendiri. Jika anda makan makanan tinggi karbohidrat, segeralah kembali makan rendah karbohidrat pada kesempatan berikutnya, lanjutkan diet ketogenik anda tanpa merasa berdosa telah gagal berdiet ketogenik.
  7. Silahkan dimodifikasi sesuai kondisi anda masing-masing. Konsultasikan dengan petugas kesehatan yang anda percayai, terutama bagi anda yang menderita gangguan pada hati, ginjal, jantung, dan saluran pencernaan. Silahkan cari pendapat dari sebanyak mungkin petugas kesehatan yang anda percayai.
  8. Lakukan dengan konsisten setidaknya 10 hari berturut-turut untuk melihat efeknya pada tubuh anda. Tidak wajib mengukur berat badan, lingkar pinggang, maupun periksa laboratorium sebelum dan sesudah menjalani diet ketogenik YV.

 

seafood segar

Baca lebih lanjut:

 

Suka posting ini? Silahkan share di medsos sobat.

Ingin memberi donasi? Klik link berikut ini: Donasi carakerja.net (klik)