14 Program Studi Psikologi S1 Terbaik di Indonesia, Semuanya di Pulau Jawa

Berikut ini adalah daftar tempat kuliah S1 psikologi terbaik se-Indonesia, mencakup baik dari universitas negeri terbaik dan universitas swasta terbaik. Urutan daftar ini mulai program studi psikologi terbaik di nomor 1, berturut-turut hingga urutan 14, berdasarkan data BAN-PT, webometrics, dan pertimbangan lainnya. Menarik ketika 14 jurusan psikologi S-1 tersebar hampir di seluruh Pulau Jawa saja, tanpa universitas di Jawa Tengah maupun Banten. Semoga artikel ini bisa menjadi panduan memilih perguruan tinggi 2017 terutama untuk yang ingin kuliah S1 Psikologi.

  1. Universitas Indonesia, Jakarta
  2. Universitas Airlangga, Surabaya
  3. Universitas Padjadjaran, Bandung
  4. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  5. Universitas Gunadarma, Depok
  6. Universitas Mercu Buana, Yogyakarta
  7. Universitas Surabaya, Surabaya
  8. Universitas Muhammadiyah Malang, Malang
  9. Universitas Islam Indonesia, Sleman
  10. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta
  11. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
  12. Universitas Sanata Dharma, Sleman
  13. Universitas Tarumanagara, Jakarta
  14. Universitas Persada Indonesia YAI

Situs resmi UGM menyampaikan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku, baik yang tampak maupun yang tidak tampak, yang merupakan manifestasi adanya kejiwaan pada manusia. Unit analisisnya adalah perilaku manusia, baik level individu dan kelompok. Hukum-hukum perilaku dasar manusia yaitu dilihat dari:

  • Perspektif perkembangan manusia (dari pra natal sampai usia lanjut),
  • Macam interaksi sosial yang dijalin (baik intrapersonal dan interpersonal), dan
  • Komposisi manusia (fisik, mental, dan spiritual) digunakan sebagai landasan dalam menjelaskan peristiwa yang terjadi di dunia sekolah, organisasi, industri, klinis, dan kemasyarakatan.

Setelah mengikuti pendidikan Sarjana (S1) di Fakultas Psikologi, maka lulusan S1 memiliki kompetensi sebagai berikut:

  1. Memahami pengetahuan dasar psikologi.
  2. Menguasai teknik pengamatan.
  3. Mampu menggunakan alat pengukuran psikologi.
  4. Peka terhadap permasalahan bio-psiko-sosial dalam konteks Indonesia.
  5. Mampu melakukan penelitian.
  6. Menghayati kode etik keilmuan dan penelitian.

Situs resmi UI menyatakan bahwa Fakultas Psikologi UI adalah Fakultas Psikologi yang pertama kali berdiri di Indonesia dan hingga saat ini menjadi acuan pengembangan fakultas-fakultas psikologi lain di Indonesia. Fakultas Psikologi UI selalu berupaya untuk menjadi unggulan dalam mengembangkan ilmu psikologi dan menjawab tantangan perkembangan zaman dengan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara nasional dan internasional.
Saat ini Fakultas Psikologi UI saat ini memiliki 6 bidang studi yang merupakan perwujudan cabang-cabang psikologi, yakni: Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Umum dan Eksperimental, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Sosial.
Proses pembelajaran di Fakultas Psikologi UI menggunakan teknik yang terkini serta menarik dengan metode belajar yang mengarah pada student-centered learning, seperti diskusi, collaborative learning, dan problem based learning. Lulusan Fakultas Psikologi UI tergolong mudah dalam memperoleh pekerjaan, bahkan banyak mahasiswa yang sudah melakukan kerja paruh waktu pada saat kuliah. Kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dan memperluas wawasan pada masa kuliah juga terbuka lebar dengan adanya beragam kegiatan ekstra maupun intra kurikuler baik di Fakultas Psikologi UI maupun di UI sendiri.

 

Baca juga artikel ini: [catlist name=”diet-yv”]

 

Menurut situs resmi Unpad, lulusan program Sarjana Psikologi dapat memilih berbagai bidang pekerjaan, di antaranya: asisten (pendamping) psikolog, staf atau manajer di bidang sumber daya manusia, staf konsultan di bidang psikologi, pengajar, konselor, perancang dan fasilitator pengembangan komunitas, asisten peneliti, fasilitator dan motivator dalam program pelatihan, pelaku usaha mandiri/entrepreuneur, dan melanjutkan studi ke program Magister Psikologi Profesi atau bidang terapan psikologi lainnya.

Jurusan Psikologi menerapkan berbagai metode pembelajaran yang brain-friendly, seperti classical learning, simulation learning, practical learning, experiential learning, e-learning, focused group discussion, dan constructive and contextual learning, seperti yang disampaikan situs resmi Unnes.

Jadi kuliah psikologi terbaik di Indonesia ada 2 pilihan utama:

  • Kalau ingin Perguruan Tinggi Negeri bisa memilih UI, Unair, Unpad, atau UGM
  • Jika ingin Perguruan Tinggi Swasta bisa memilih Gunadarma, Mercu Buana, Ubaya, atau UMM.

 

Silahkan bantu share artikel ini, satu share anda sangat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *