46 Tips Blogging untuk Pemula 2017

Disusun oleh Yoseph Samodra

-=-

Berikut ini adalah tips ngeblog untuk blogger pemula hingga blogger veteran yang ingin membangkitkan kembali semangat menulis blog di tahun 2017 ini:

 

Umum

  1. Jadilah diri sendiri, tak perlu meniru orang lain.
  2. Identifikasi fokus anda. Apakah anda akan tetap bertahan pada niche anda atau akhirnya memutuskan untuk memperluas jangkauan ke topik-topik terkait?
  3. Sampaikan hal yang benar. Jangan menjerumuskan atau membuat pembaca salah paham, apalagi menipu dengan sengaja.
  4. Rancanglah jadwal penerbitan, tapi tetap fleksibel dalam pelaksanaannya. Memposting dengan rutin adalah bagian penting dari membangun traffic blog anda.
  5. Luangkan waktu untuk membaca terbitan lain, termasuk dari pesaing anda, untuk belajar sekaligus bersenang-senang.
  6. Pelajarilah keahlian baru yang akan menjadikan anda blogger yang lebih baik. Cobalah kunjungi Khan Academy, Coursera, atau situs sejenis.
  7. Tidak ada yang instan kecuali beberapa anomali. Tekunilah blogging langkah demi langkah, mungkin akan perlu ratusan hingga ribuan langkah sebelum anda mencapai sukses yang anda inginkan.
  8. Carilah cara untuk selalu terinspirasi, agar anda dapat menginspirasi orang lain.

http://carakerja.net/245/cara-memperbaiki-apple-magsafe-60w-yang-menyala-berkedip-dan-tidak-mengisi-daya/

Struktural dan Teknis

  1. Buatlah situs anda lebih cepat.
  2. Tinjaulah kembali halaman-halaman utama anda: About, Contact, dan Privacy Policy. Lakukan perubahan seperlunya.
  3. Jangan membuat sidebar anda terlalu ramai. Pilihlah yang paling penting, singkirkan sisanya.
  4. Hapuslah plugin yang tidak digunakan lagi. Mereka berpotensi memperlambat kecepatan situs anda dan berisiko mengancam keamanan.
  5. Singkirkan konten dan gambar yang terduplikat serta hapuslah backup yang sudah terlalu tua.
  6. Lakukan kompresi pada gambar-gambar anda untuk menghemat bandwidth dan meningkatkan kecepatan blog anda.
  7. Tingkatkan keamanan blog anda dengan rajin mengupdate WordPress, tema, dan plugin, hindari menggunakan “admin” sebagai username, buatlah backup mingguan, dan pasanglah plugin “Limit Login Attempts”.
  8. Pasanglah Google Analytics, tapi jangan rajin cek statistik blog anda pada bulan-bulan pertama anda blogging.

Desain

  1. Pastikan anda memiliki desain responsive. Tes tampilan situs anda pada browser yang berbeda-beda, pada ukuran browser yang berbeda-beda (geser sudut kanan bawah layar browser untuk melihat efeknya), dan pada gadget yang berbeda-beda.
  2. Perbaiki logo blog anda.
  3. Mintalah masukan untuk perbaikan tampilan blog anda dari pembaca.

Penulisan Konten

  1. Laporkan berita atau perkembangan terbaru pada niche anda seaktual mungkin. Tambahkan pandangan anda. Pastikan anda dapat diandalkan sebagai sumber berita terbaru dalam komunitas anda sehingga banyak pengunjung yang akan rutin datang.
  2. Fokuslah pada pembuatan konten yang evergreen atau cornerstone secara rutin. Jenis artikel seperti ni memberikan kesempatan terbaik untuk menarik perhatian dari publikasi lain yang lebih besar. Kalau perlu tidak usah tampilkan tanggal pada konten anda.
  3. Tulislah posting untuk pembaca anda, bukan untuk Google. Tulislah sesuatu yang anda sendiri ingin membacanya. Artinya buatlah tulisan yang dapat dinikmati, namun komprehensif (menyeluruh) dan mampu memberikan solusi atas suatu permasalahan. Cobalah menyusun panduan terbaik di bidang yang anda geluti, buatlah konten yang akan menjawab semua yang mungkin ditanyakan oleh pembaca anda.
  4. Siapkan judul yang luar biasa. Mulailah dari frase keyword yang ingin anda kejar peringkatnya, tambah dengan frase lain yang bombastis, tapi pastikan tetap nyambung dengan konten secara keseluruhan.
  5. Buatlah garis besar topik yang anda tulis. Lakukan riset mengenai apa yang dikatakan oleh pesaing anda, tambahkan lebih banyak informasi dan nilai lebih untuk pembaca anda.
  6. Cara termudah untuk menjadi unik, berbeda dan menonjol di belantara blog dalam niche yang sama adalah dengan membagikan pengalaman pribadi anda, opini dengan landasan yang kuat, dan keahlian khusus yang anda miliki.
  7. Pastikan struktur kalimat anda sederhana. Gunakan kosakata yang mudah dipahami. Susun tata bahasa anda dengan benar. Tak perlu menyusun kalimat majemuk bertingkat yang rumit hanya untuk pamer kefasihan anda berbahasa.
  8. Bagilah tulisan anda dalam beberapa paragraf yang masing-masing berisi dua hingga lima kalimat. Gunakan daftar bernomor atau poin-poin jika perlu.
  9. Selalu pasang featured image untuk setiap posting anda. Pastikan gambarnya menarik dan sesuai dengan isi tulisan anda.
  10. Tingkatkan penggunaan infografis, gambar, diagram, tabel, skema, atau hal lain yang meningkatkan daya tarik visual konten yang anda buat. Jika tulisan anda panjang, pertimbangkan untuk memberi gambar di tengah artikel. Pembaca akan menyerap informasi lebih baik melalui gambar dibandingkan hanya tulisan.
  11. Selalu baca kembali tulisan anda sebelum diterbitkan. Carilah kesalahan ketik, struktur, autocorrect, atau kalimat yang kurang luwes yang mungkin baru tampak ketika anda selesai menulis konten tersebut. Jika sempat, cek kembali satu hari setelah posting tersebut diterbitkan.
  12. Sesekali buatlah artikel yang panjang, sekitar 2000 kata, karena Google menyukainya. Artikel anda yang pendek akan mendapatkan manfaat dari tambahan beberapa ratus (bahkan ribu) kata lagi.
  13. Menulislah dengan yakin, berpihaklah atas suatu hal, dan suarakan dengan lantang. Jika anda terbukti keliru, akuilah.

http://carakerja.net/251/aneka-macam-bakso-terkenal-di-dunia/

SEO Blogging

  1. Lakukan riset keyword dan pilihlah satu keyword target untuk tiap artikel. Membuat konten luar biasa yang tidak akan menonjol dalam 1-2 tahun hanyalah membuang-buang waktu. Mulailah dari keyword dengan tingkat persaingan rendah atau yang sangat spesifik di bidang anda sambil meningkatkan pengunjung dan memperkuat otoritas domain anda.
  2. Gunakan keyword dan variasinya secara wajar di judul posting, slug, heading, dan sub heading.
  3. Gunakan keyword yang anda incar pada teks dan image alt tag konten yang anda buat, tapi jangan berlebihan. Jangan hanya menggunakan keyword, tapi susunlah dalam frase yang luwes dan deskriptif.
  4. Ringkaslah permalink atau slug anda untuk fokus pada keyword utama yang anda incar.
  5. Pastikan anda membuat link internal (antar post), terutama mengarah ke posting evergreen. Sedapat mungkin gunakan frase yang berbeda untuk mengarahkan ke posting yang sama.
  6. Carilah kesempatan untuk mendapatkan link ke blog anda dari blog lain, terutama dari situs dengan otoritas yang lebih tinggi.
  7. Buatlah meta tag yang baik untuk tiap posting anda.

Hubungan Sosial

  1. Investasikan waktu anda untuk membangun minimal satu akun sosial media yang kuat.
  2. Pasang button media sosial anda seoptimal mungkin.
  3. Identifikasi waktu yang optimal untuk membagikan konten anda melalui media sosial.
  4. Bagikan artikel anda di sosial media lebih dari dua kali. Setidaknya segera saat terbit, keesokan harinya, minggu depannya, dan seterusnya. Cocok terutama untuk posting yang evergreen alias bertipe feature yang tidak mudah basi. Jangan lupa untuk memberi narasi pengantar yang berbeda-beda tiap kali anda membagikannya.
  5. Balaslah setiap komentar yang anda dapatkan. Hal ini menghargai orang yang memberikan komentar, dan juga menunjukkan pada pembaca baru bahwa anda menghargai komentar di blog anda, mendorong mereka untuk meninggalkan komentar juga. Jadilah tuan rumah yang baik
  6. Berterima kasihlah pada pembaca yang membagikan konten anda. Sosial media adalah salah satu cara termudah untuk membangun basis pengikut yang loyal.
  7. Bagikan juga konten orang lain ke follower anda, terutama konten yang berguna, agar anda dapat menjadi influencer di niche anda.

http://carakerja.net/257/kandungan-kalori-dalam-beberapa-makanan-dan-minuman/

Sumber: advancedwebranking.com/blog/blogging-tips-for-2016/; smartindonesiaku.wordpress.com/2016/12/18/ngeblog-yuk/; smartindonesiaku.wordpress.com/2016/12/18/ngeblog-cerdas/; redboxmedicalplus.wordpress.com/2016/05/10/meningkatkan-komentar/.

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *