Cara Memperbaiki Apple MagSafe 60W yang Menyala Berkedip dan Tidak Mengisi Daya

oleh Yoseph Samodra

-=-

Bagi pemilik laptop MacBook® dan MacBook® Pro 13″maka chargernya adalah Apple MagSafe 60W Power Adapter for MacBook® and 13″ MacBook® Pro. Setelah dipakai sekian tahun keluhan yang sering timbul terkait adaptor adalah pengisian tidak optimal dan disertai dengan kedipan nyala LED di ujung kabel yang menempel di laptop. Gejala lain adalah lampu LED tidak menyala sama sekali meskipun sambungan magnetnya sudah terpasang dengan mantap.

Inti permasalahannya adalah adanya kerusakan di ujung kabel adaptor anda. Solusi pertama adalah membeli adaptor baru. Dengan harga resmi di Indonesia di atas satu juta rupiah, anda akan mendapatkan:

  • Apple® MagSafe 60W Power Adapter for MacBook® and 13″ MacBook® Pro
  • AC cord
  • Owner’s manual

Alternatifnya adalah anda memperbaiki sendiri adaptor anda. Anda harus memastikan dulu kerusakan pastinya ada di mana, karena kerusakannya bisa di pin tembaga atau di serabut kabelnya. Cara memastikannya adalah dengan menekan ujung charger yang menempel ke laptop dengan berbagai sudut dan tekanan yang cukup hingga lampu indikator menyala dengan normal. Cabut dan pasang kembali, lalu tekan-tekan, ulangi beberapa kali. Jika sukses menyala dengan normal setelah anda tekan-tekan maka kemungkinan besar masalahnya ada di pin tembaganya.

http://carakerja.net/198/protokol-diet-ketogenik-yv/

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah di pin tembaga maupun di serabut kabel, dan semuanya ada di Youtube. Ada solusi untuk MagSafe yang memerlukan alat-alat semacam tang, pinset, lem, dan solder, terutama untuk mengatasi masalah pada serabut kabel. Artikel ini hanya akan membahas cara mengatasi LED MagSafe 60 watt yang berkedip akibat gangguan pada pin tembaga di ujung kabelnya. Saya menyarankan ikuti langkah berikut ini:

  1. Cabut charger dari colokan listrik.
  2. Siapkan sikat kering (saya menggunakan sikat gigi). Lalu sikat bagian ujung kabel, terutama di bagian pin tembaganya. Pastikan tidak ada kotoran yang tersisa.
  3. Pegang kabel kira-kira 2 sentimeter dari ujung yang ada pin tembaganya. Ketukkan ke benda keras yang bukan logam, misalnya buku atau lantai. Pastikan bagian yang menyentuh permukaan keras adalah bagian yang ada pin tembaganya.
  4. Pasang charger ke aliran listrik. Pasang ujung kabel adaptor ke laptop. Ulangi langkah-langkah di atas jika perlu.

Semoga adaptor anda masih bisa diperpanjang umurnya. Jika keluhan berlanjut dan makin mengganggu kinerja anda segera pertimbangkan untuk membeli Apple MagSafe 60W Power Adapter baru.

Salam sehat dari saya.

Salam ketogenik.

Baca juga:

http://carakerja.net/275/cara-kerja-vaksin-tifoid-dan-harga-imunisasi-panti-rapih-yogyakarta/

http://carakerja.net/259/46-tips-blogging-untuk-pemula-2017/

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *