Mengenal Kehidupan di London (Bagian 1)

Tempat tinggal

Kalau mau menyewa rumah bisa gunakan Zoopla atau sejenisnya, sedangkan jika ingin ngekos bisa gunakan SpareRoom atau sejenisnya. Hati-hati sebelum deal menyewa tempat tinggal, karena banyak aturan resmi terkait sewa-menyewa properti di London. Pastikan pemilik properti dan agen perantara menyampaikan segala sesuatunya dengan gamblang sebelum anda menyewa dari mereka.

Tidak semua agen dan pemilik rumah itu membantu dan menyenangkan.

– Giri Narasoma Suhardi –

Tingkat kriminalitas suatu daerah yang akan anda jadikan tempat tinggal dapat dicek melalui Metropolitan Police, namun tetaplah jaga diri dan keluarga anda dengan baik.

 

Wisma KBRI di London (selengkapnya di http://indonesianembassy.org.uk/wisma-kbri)

Bila anda ingin berkunjung ke London, beberapa wisma yang dikelola oleh KBRI dapat dijadikan alternatif tempat tinggal. Lumayan menenangkan jika perlu tempat sementara di negeri orang. Namun harus dicatat bahwa wisma berikut ini hanya untuk WNI dan sebaiknya dilakukan reservasi terlebih dahulu di jauh hari sebelumnya untuk menjamin ketersediaan tempat tidur di Wisma. Berikut daftar wisma KBRI di London:

Wisma Siswa Merdeka: (hanya diperuntukan bagi mahasiswa/i Indonesia yang sedang berada di London dalam rangka kegiatan kunjungan studi singkat atau kompetisi antar universitas)
44 Dartmouth Road,
Willesden Green,
London NW2 4EX
Tel. (020) 8452 8936
e-mail: wisma.merdeka@indonesianembassy.org.uk
Wisma Caraka: (hanya diperuntukan bagi tamu-tamu resmi/ dinas KBRI London):
42 Talbot Crescent,
Hendon, London NW4 4HP
Tel. (020) 8202 8451
e-mail: kbri@btconnect.com

 

Baca juga:

[catlist name=”kesehatan”]

 

Cuaca

Inggris adalah negara dengan 4 musim, namun saat musim dingin tidak selalu turun salju dalam jumlah banyak di London. Cuaca di London mudah berubah-ubah. Untuk menghindari salah kostum, rajinlah cek BBC Weather.

london inggris

Kesehatan dan Pendidikan

Jika memilih pelayanan yang diberikan oleh pemerintah (state) maka kita tidak perlu membayar lagi untuk mendapatkan layanan kesehatan maupun pendidikan. Layanan oleh pihak swasta memiliki kisaran biaya beragam, dengan kualitas yang konon lebih baik dari layanan gratisan. Untuk dapat menikmati layanan gratis dari pemerintah, kita harus resmi terdaftar dalam sistem mereka.

 

Hiburan

Jangan takut kurang hiburan ketika anda tinggal di London, banyak acara dan tempat hiburan sepanjang tahun dengan harga beragam bahkan banyak yang gratis. Cek saja di Londonist atau situs sejenis.

 

Pekerjaan

Untuk dapat bekerja di London kita harus punya visa kerja. Visa kerja memerlukan sponsorship dari tempat kita akan bekerja sebagai salah satu syaratnya. Syarat lengkap bisa dicek di sini. Yang jelas persiapkan diri dengan kualifikasi yang melebihi orang-orang lokal atau dari Uni Eropa. Jika kualifikasi kita sama dengan mereka, peluang kita diterima akan jauh lebih kecil.

 

Baca selengkapnya di Hidup di London Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *